Sabtu, 16 Juni 2012

SEMEN, BAHAN SEJENIS DAN PENGGANTINYA



Pelangan dan calon pelanggan TIM(perbaiki rumah) yang terhormat.

Posting dari Admin Tim(perbaiki rumah) kali ini masih merupakan bagian dari postingan  Admin Tim(perbaiki rumah) sebelumnya yaitu MENGENAL RUMAH DARI BAHAN-BAHAN/ MATERIALNYA.
Dan merupakan bagian dari langkah pertama Tips TIM(perbaiki rumah)  yang berjudul DUA LANGKAH MEMBUAT RUMAH MENJADI TEMPAT YANG MENAWAN, NYAMAN DAN MENENANGKAN .

Selanjutnya  Admin Tim(perbaiki rumah) mengucapkan "Selamat membaca , semoga bermanfaat".

MENGENAL RUMAH DARI  BAHAN-BAHAN / MATERIALNYA.

SEMEN (PC), BAHAN SEJENIS DAN PENGGANTINYA.

Semen / Portland Cement (PC) adalah bahan perekat bangunan yang paling banyak digunakan saat ini.
Masyarakat Indonesia biasa menyebut semen abu-abu. Ini untuk membedakan dengan semen warna (semen pengisi nat). Bahan baku semen PC adalah batu kapur/gamping berkadar kalsium tinggi yang dimasak dalam tanur bertekanan tinggi.
Semen PC biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk spesi/ pasangan batu kali (pondasi), batu bata atau sejenisnya (dinding), plesteran, acian (penghalus permukaan plesteran), pengecoran ( beton ) pemasanngan keramik/ batu alam dan beberapa penggunaan lainnya.

Bahan bangunan/ material bangunan yang penggunaannya sama/hampir sama dengan Semen antara lain:

- Tanah liat
Biasanya dicampur kapur dan pasir digunakan untuk spesi/ pasangan batu bata merah. Tapi sekarang nyaris sudah tidak ada yang menggunakan campuran seperti ini lagi.

- Semen merah
Terbuat dari batu bata yang hancur terus digiling atau diselep. Bahan ini juga sudah lama ditinggalkan.

- Kapur atau gamping
Kapur atau gamping adalah termasuk salah satu jenis batu-batuan yang berasal dari pegunungan kapur. Proses pembuatan serbuk kapur yaitu dengan menguyur batuan kapur/ gamping dengan air dan didiamkan sampai berubah menjadi serbuk.
Kapur atau gamping yang telah berbentuk serbuk biasanya digunakan untuk campuran semen PC , dimaksudkan untuk menghemat biaya. Bahan ini sekarang sudah jarang digunakan. Kalaupun masih biasanya digunakan didaerah pedesaan sekitar pegunungan batu kapur. Sedangkan di daerah perkotaan nyaris sudah tidak pernah digunakan lagi.
Kapur atau gamping dalam bentuk padat ( batuan) biasanya digunakan untuk pengganti cat tembok (untuk penghematan). Bahan ini juga sudah jarang digunakan.

- Semen Instan
Semen instan adalah suatu campuran yang terdiri dari PC (Portland cement), pasir dengan gradasi yang sesuai, kapur, serta aditif tertentu yang sesuai dengan persyaratan fungsi yang harus dipenuhi.
Semen instan yang dikenal di pasar saat ini, jenisnya sangat beragam, bergantung penggunaannya.
Ada perekat bata (untuk spesi/ pasangan batu bata) , untuk spesi/ pasangan bata ringan/ herbel, plesteran batu bata, plesteran bata ringan/ herbel, acian, perekat keramik pada berbagai media, hingga ‘waterproofing’.

- Semen putih atau semen warna.
Semen putih atau semen warna bukanlah bahan bangunan/ material bangunan pengganti semen PC. Bahan ini biasanya digunakan untuk mengisi sela-sela pasangan keramik (nat).  Khusus untuk semen putih bahan ini juga digunakan untuk campuran plamir ( untuk dasar pengecatan dan meratakan retak rambut/ lubang-lubang kecil pada acian/ cat lama )

Demikianlah tulisan dari Admin Tim(perbaiki rumah) tentang bahan bangunan/ material bangunan yang sejenis semen dan bahan penggantinya.

Mudah-mudahan kami masih diberi kesempatan untuk menyampaikan bahan-bahan/ material bangunan lainnya. Juga bahan bangunan/ material bangunan penggantinya.

Tulisan ini mungkin masih banyak kekurangannya. Bila Anda menemukan kekurangan dalam posting kali ini. Mohon berkenan untuk menyampaikan saran untuk perbaikannya. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Anda dengan keberkahan yang berlimpah.

Trims atas kunjungan dan atensinya.

Salam hormat kami
Admin TIM(perbaiki rumah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan...