Minggu, 24 Juni 2012

BATU-BATUAN UNTUK BAHAN BANGUNAN


Pelangan dan calon pelanggan TIM(perbaiki rumah) yang terhormat.

Posting dari Admin Tim(perbaiki rumah) kali ini masih merupakan bagian dari postingan  Admin Tim(perbaiki rumah) sebelumnya yaitu PASIR DAN JENISNYA..

Dan masih termasuk dalam sub judul MENGENAL RUMAH DARI BAHAN-BAHAN / MATERIALNYA.

Selanjutnya  Admin Tim(perbaiki rumah) mengucapkan "Selamat membaca , semoga bermanfaat".

MENGENAL RUMAH DARI  BAHAN-BAHAN / MATERIALNYA.

BATU-BATUAN UNTUK BAHAN BANGUNAN

Berikut ini akan    Admin Tim(perbaiki rumah) sampaikan beberapa jenis batu-batuan yang bisa/ biasa digunakan untuk bahan bangunan/ material bangunan. Di sini   Admin Tim(perbaiki rumah) kelompokan berdasarkan penggunaannya, yaitu sebagai berikut:

UNTUK PONDASI/ TALUD
   - Batu kali
          sesuai namanya batu kali ini berasal dari kali atau sungai. Batu kali mempunyai pori yang lebih kecil, sehingga lebih padat dan lebih keras/ kuat.
Batu kali sangat banyak digunakan orang untuk talud dan pondasi bangunan.

  - Batu belah
          batu belah batu belah diperoleh dengan membelah batu-batuan yang sangat besar. Batu belah mempunyai pori-pori yang lebih besar daripada batu kali namun masih cukup keras dan kuat.
Batu belah selain banyak digunakan orang untuk talud dan pondasi bangunan. Juga digunakan untuk aanstamping/batu kosong /lapisan bawah pembuatan jalan raya.

   - Batu Cadas/ Padas
          batu cadas/ padas adalah semacam batu lapisan yang terdiri dari bermacam mineral kontak, diantaranya adalah kuarsa, mika fesper, kapur, lempung. Menurut kekerasannya, batu cadas dikatagorikan sebagai batu lunak (4 kg/cm2 – 8 kg/cm2).
Batu Cadas/ Padas digunakan orang-orang di daerah pegunungan yang bercadas sebagai pondasi rumah non permanen atau semi permanen.

 - Batu Karang
           batu karang adalah batu yang berasal dari pantai/ laut. Batu ini sebenarnya adalah sejenis kumpulan tanaman laut yang sudah mati.
Batu karang digunakan orang-orang di daerah pesisir sebagai pondasi rumah non permanen atau semi permanen.


   - Batu rai ( untuk diekspos )
             Batu rai adalah batu belah yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai permukaan yang cukup rata. Biasanya digunakan untuk bagian paling luar dari pemasangan pondasi atau talud yang tidak tertimbun tanah. Sehingga didapat kesan keindahannya.

UNTUK BETON/ COR
Batu koral / Split
Batu koral/ split adalah salah satu bahan bangunan yang digunakan untuk pembuatan beton konstruksi/ cor.
Koral/split adalah batuan atau agregat yang ukuran butirannya berkisar 1 cm - 5 cm.
Meskipun split adalah padanan kata untuk koral tapi biasanya kami lebih senang memakai istilah koral untuk batuan atau agregat yang ukurannya 2cm x 3cm atau lebih besar. Sedang untuk batuan atau agregat yang berukuran 2cm x 2cm atau yang lebih kecil dari itu disebut split. Split biasanya diperoleh dari hasil pemecahan/ penggilingan batu ( Pabrikasi ).Sedangkan koral lebih banyak diperoleh dari hasil galian ( penambangan ).

UNTUK DIEKSPOSE/ HIASAN
Batuan yang digunakan untuk mempercantik penampilan rumah sangat banyak jenis dan penggunaannya. Batuan ini ada yang digunakan untuk lantai, dinding , tiang, dan juga sebagai hiasan taman. Karena sangat banyak, maka akan kita bahas dalam lain kesempatan saja. Mudah-mudahan TIM(perbaiki rumahmasih diberi kesempatan untuk bisa menyampaikannya.

Demikianlah yang dapat Tim (perbaiki rumah) sampaikan untuk kali ini.

Tulisan ini tentu masih ada kekurangannya. Untuk kepentingan bersama dan memberi manfaat yang lebih kepada Saudara kita lainnya. Mohon berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran serta menyebarkan info-info dalam blog ini. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Anda dengan keberkahan yang berlimpah.

Trims atas kunjungan dan atensinya.

Salam hormat kami
Admin TIM(perbaiki rumah)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan pesan...